5 Tanaman yang Dapat Bertahan pada Musim Kemarau


Indonesia hanya memiliki 2 iklim, yakni kemarau dan penghujan. Bagi petani atau orang yang suka berkebun, cuaca sangat berpengaruh bagi tanaman yang akan ditanam. Jangan sampai menanam tanaman di cuaca yang tidak sesuai dengan kondisi tanaman tersebut.


Tidak hanya pupuk, air juga memiliki peranan penting bagi tanaman. Jika tanaman kekurangan air, maka akan kekeringan dan bahkan mati.


Jika hal tersebut terjadi, maka petani akan mengalami kerugian. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa daftar tanaman yang dapat bertahan hidup dimusim kemarau dan bisa kamu tanam di kebun pribadimu.


1. Labu


Labu merupakan tanaman merambat dengan bentuk buah bulat atau lonjong berwarna kuning maupun jingga. Tanama ini dapat tumbuh dengan tidak sengaja di kebunmu dengan bantuan hewan lain.


Tanama labu sendiri tidak memerlukan perawatan khusus, seperti rutin disiram air. Justru jika keseringan disiram akan membuat batang dan buahnya busuk. Oleh sebeb itu, tanama ini cocok kamu tanam dimusim kemarau.


2. Mentimun


Sama seperti Labu, Mentimun juga merupakan tanama merambat. Bedanya timun tidak merambat ditanah, petani akan menyediakan penyanggah yang nantinya akan menjadi tempat tanama Mentimun tumbuh.


Mentimun rutin mendapat asupan air pada saat masih awal penananman. Jika tanaman ini sudah bertunah bahkan merambat, tidak lagi membutuhkan banyak air. Cukup kamu beri pupuk.


3. Jagung


Menanam jagung tak serumit menanam padi yang harus menjaga pasokan air agar dapat bertahan hidup. Jika ingin menanam jagung, kamu cukup memberinya air sesekali. Dengan cara seperti ini, jagung akan tumbuh serta dapat menghasilkan buah yang bagus.


Dalam bercocok tanam tanaman jagung, yang perlu diperhatikan adalah hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan hingga merusak tanaman. Kamu bisa memberikan pupuk yang cukup untuk menghasilkan buah yang bagus.


4. Tomat


Tanaman yang dapat tumbuh dengan baik dimusim kemarau berikutnya adalah tomat. Siapa sangka, tanaman yang  buahnya menghasilkan banyak air ini dapat bertahan hidup dengan kondisi cuaca panas dan sedikit air.


Tomat dapat tumbuh dan berkembang meski berada di tanah kering dengan intensitas air yang tidak banyak. Jika kamu ingin menanam tomat, cukup hanya memperhatikan kelembapannya saja. Dan pastikan tanaman tomatmu terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung.


5. Terong


Terong adalah tanaman dengan bentuk panjang lonjong yang memiliki beberapa jenis dan warna, baik terong berwarna ungu maupun yang berwarna hijau. Kedua tanaman ini juga dapat tumbuh dan berkembang di tanah yang kering serta di musim kemarau.


Meski terong dapat tumbuh dengan baik walaupun dengan keterbatasan air, tetap saja kamu harus memperhatikan kelembapannya. Harus menyiram tanaman ini meski tidak rutin agar menghasilkan buah yang maksimal.


Itulah beberapa tanaman yang bisa dijadikan pilihan ketika ingin bercocok tanam ketika musim kemarau. Semoga berhasil dan mendapatkan buah yang bagus.

Komentar

Postingan Populer