Cara Menanam dan Merawat Anggrek Hitam Kalimantan

Cara Menanam dan Merawat Anggrek Hitam Kalimantan
Anggrek Hitam

Anggrek hitam merupakan spesies anggrek yang tumbuh subur di semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Tanaman ini juga dikenal sebagai maskot flora dari provinsi Kalimantan Timur. Cara merawat Anggrek Hitam Kalimantan bisa dibilang cukup mudah.

Anggrek hitam adalah salah satu jenis tanaman anggrek yang banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Tanaman tropis yang langka ini memiliki warna unik yang jarang dimiliki tanaman hias lainnya.

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah dan daerah pegunungan (dipertocarpt) dengan ketinggian 1.000-1.500 di atas permukaan laut. Kelembaban relatif (HR) yang diperlukan untuk anggrek bervariasi dari 60-85 persen.

Anda masih dapat menemukan anggrek hitam di Luway Kersik Nature Reserve dengan jumlah kecil. Diperkirakan, untuk melihat anggrek hitam dengan jumlah besar, Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Anggrek hitam ini di tangan para kolektor anggrek.

Dilansir dari Travel Detik, tanaman ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti bahan untuk mengobati maag, dijadikan sebagai obat untuk penderita penyakit diare, menjadi alternatif pengobatan untuk rasa mual, hingga menghentikan pendarahan pada rahim.

Cara Menanam Anggrek Hitam

Menanam anggrek hitam dalam pot sangat mudah. Penanaman berarti yang digunakan dapat berupa kelapa, batu bara, pakis, dan serbuk gergaji. Media tanam yang paling tepat dan cocok untuk anggrek hitam adalah serbuk gergaji.

Anda boleh merendam gergaji selama kira-kira 24 jam. Ini dilakukan untuk menghapuskan getah di debu gergaji. Di samping itu, anda boleh menyediakan penyelesaian penggalangan dana untuk mengelakkan kulat.

Tanaman yang telah ditanam harus ditempatkan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Anggrek hitam yang telah ditanam di dalam pot dapat ditempatkan di teras atau di bawah pohon.

Tips Merawat Tanaman Anggrek Hitam Kalimantan

Untuk perawatan, anggrek hitam cukup untuk mengairi sekali sehari untuk tanaman dewasa, sedangkan untuk tanaman muda, berikan air sebanyak 2 kali sehari, yaitu, pagi (06.00-08.00) dan malam (16.00-18.00).

Sementara pemupukan diberikan sesuai dengan usia tanaman dan dilakukan 2 kali seminggu. Pemupukan harus dilakukan di pagi hari (06.00–07.00) atau malam (16.00-18.00).

Merawat Anggrek Hitam juga perlu untuk secara teratur menyediakan pupuk secara teratur untuk tanaman anggrek hitam. Karena anggrek hitam selain membutuhkan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesis juga membutuhkan asupan nutrisi untuk proses pengembangan. Dan pupuk adalah asupan nutrisi untuk anggrek hitam.

Akan lebih baik menggunakan pupuk lembar N dan juga pupuk bunga sehingga anggrek hitam dapat tumbuh secara optimal.

Ketika menggunakan pupuk cair, taburkan di permukaan daun yang lebih rendah, batang kemudian ke arah akar.

Untuk irigasi, Anda dapat menyesuaikannya dengan usia tanaman dan kelembaban media perkebunan. Anda dapat mengairi anggrek 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Untuk irigasi, Anda dapat menyemprotkan air dengan semprotan yang bervariasi dari batang, daun dan cara penanaman.

Nah, itulah seputar cara menanam Anggrek Hitam Kalimantan beserta tips merawatnya. Anggrek yang menjadi maskot Kalimantan Timur ini cocok untuk kamu koleksi sebagai tanaman hias guna memperindah pekarangan rumah. Selain itu, budidaya tanaman Anggrek Hitam bisa juga dijadikan sebagai bisnis rumahan, lho.

Komentar

Postingan Populer