Simak Cara Merawat Tanaman Aglaonema Dengan Baik, Dijamin Cepat Beranak!

 

Hai sobat blog…

Adakah dari kamu yang suka dengan tanaman aglaonema tapi bingung cara merawatnya?

Tanaman Aglaonema merupakan jenis tanaman hias, yang memiliki corak daun yang unik. Pada beberapa negara, tanaman Aglaonema dianggap sebagai simbol keberuntungan.

Tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, misalnya dapat menjadi suplai oksigen, dan mengurangi stress ketika dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Tanaman Aglaonema ini memiliki nama lain yang cukup unik, yaitu Sri Rezeki dan masuk ke dalam kategori tanaman tropis yang mempunyai lebih dari 30 jenis dengan variasi daun yang berbeda-beda. Meskipun Aglaonema merupakan tanaman hias, namun tanaman ini mempunyai sedikit racun.

Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir. Racun di dalam Aglaonema tidak berbahaya kepada manusia. Namun, sediikit berbahaya kepada hewan peliharaan seperti Anjing, dan Kucing.

Aglaonema memiliki harga yang berbeda-beda. Harga Aglaonema Red Kochin biasanya dipatok mulai dari Rp 85.000. Untuk harga Aglaonema Tiara biasanya dipatok mulai dari Rp 100.000. Tiap jenis dari tanaman ini memiliki harga yang berbeda-beda.

Banyak orang yang menjadikan tanaman Aglaonema sebagai tanaman hias, karena cara perawatan dari tanaman ini cukup mudah.

Selain cara merawatnya yang mudah, harga dari tanaman ini juga sangat mahal. Sehingga banyak orang yang ingin merawat Aglaonema agar cepat beranak. Apakah kamu salah satunya? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

7 Cara Merawat Tanaman Aglaonema Dengan Baik

1. Memilih Media Tanaman

Cara merawat Aglaonema agar cepat beranak yang pertama adalah, memilih media tanaman yang baik. Jika kalian suudah salah dalam memilih media tanaman, maka Aglaonema yang kalian tanam tidak akan tumbuh subur dan cepat rusak.

Kalian membutuhkan media tanam dengan tanah yang subur dan berkecukupan air. Usahakan tanah dari tanaman Aglaonema ini tidak menampung air terlalu banyak, namun tetap memiliki tanah yang subur. Selain subut, diperlukan tanah yang memiliki nutrisi agar tanaman Aglaonema ini cepat beranak.

2. Takaran Media Tanam Aglaonema di dalam Pot

Jika kalian sudah menyiapkan media tanam yang subur, tentunya kalian perlu memasukkan media tanam tersebut ke dalam pot. Tips untuk memasukkan media tanam dari Aglaonema adalah, jangan memasukkan media tanamnya terlalu penuh. Cukup memasukkannya setengah dari ukuran pot yang kalian gunakan.

Jika kalian memasukkan media tanam terlalu penuh, pertumbuhan dari Aglaonema akan sulit. Tanaman Aglaonema akan kekurangan oksigen, dan tunasnya akan bergerak ke permukaan tanah. Hal itu akan menyebabkan, proses pertumbuhan tnaaman ini sulit dna sangat lambat.

3. Pemberian Pupuk Secara Rutin

Tentunya tiap tanaman memerlukan pupuk agar dapat tumbuh subur. Pemberian pupuk yang baik untuk tanaman Aglaonema dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman ini.

Tips untuk memberikan pupuk untuk tanaman Aglaonema adalah, kalian cukup memberikan pupuk 3 bulan sekali. Kalian bisa memilih pupuk kompos atau pupuk kandang untuk tanaman Aglaonema ini.

4. Menyemprotkan Larutan Vitamin B1

Cara merawat tanaman Aglaonema agar cepat beranak selanjutnya adalah, dengan menyemprotkan larutan vitamin B1. Manfaat dari larutan vitamin B1 untuk tanaman Aglaonema adalah, memberikan nutrisi penting kepada tanaman.

Larutan B1 mengandung unsur-unsur, seperti 80% vitamin B1, 70% vitamin B3, 90% vitamin B6, 50% mangan, 50% fosfor, 60% zat besi, dan serat 100%. Untuk larutan vitamin B1 yang mudah kalian temui adalah, larutan air beras. Kalian tidak perlu memberikan larutan B1 ini sesering mungkin, cukup dua minggu sekali saja.

5. Melakukan Penggemburan Tanah

Tujuan dilakukannya penggemburan tanah ini adalah, memecahkan tanah yang sudah menggumpal atau keras, sehingga dapat mengembalikan sirkulasi udara tanaman Aglaonema. Untuk penggemburan tanaman ini, kalian perlu melakukannya secara rutin tiap 2 smapai 4 minggu sekali.

Jika tanah dari tanaman Aglaonema ini gembur, maka tunas dari tanaman ini akan cepat tumbuh, dan beranak dengan cepat.

6. Jauhkan dari Suhu Ekstrem

Tiap tanaman tentunya harus dijauhkan dari cuaca ekstrem, baik suhu yang panas maupun dingin. Tanaman Aglaonema membutuhkan cuaca yang stabil untuk dapat tumbuh dengan baik. Jika tidak, maka Aglaonema dapat busuk dan merugikan pemiliknya.

7.  Melakukan Pemangkasan Secara Berkala

Biasanya akan ada bagian-bagian tubuh dari tanaman Aglaonema yang tidak berfungsi yang akan tinggal jika tananam ini tumbuh. Bagian-bagian itu seperti daun kering, taua menguning dan sebagainya.

Jika kalian menemui hal seperi itu, kalian perlu memangkasnya secara rutin dan membersihkannya. Karena itu dapat mempengaruhi perkembangan dari tanaman Aglaonema itu sendiri.

Jika hal itu dibiarkan, maka bagian yang sudah rusak atau membusuk tadi dapat menular ke bagian tubuh tanaman Aglaonema yang masih bagus.

Nah, itulah sejumlah cara merawat tanaman Aglaonema dengan baik agar cepat beranak. Mudah banget bukan? Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer