Tips Menanam Buah di Kebun Sendiri Anti Gagal

Mengonsumsi buah adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal itu dikarenakan, buah berfungsi untuk mencukupi  kebutuhan vitamin harian kita.

Coba bayangkan betapa nikmatnya jika kamu dapat mengonsumsi buah setiap harinya dari kebun kamu sendiri. Pasti sangat menyenangkan bukan? Maka dari itu, kamu perlu menanam buah di kebunmu sendiri.

Selain dapat menikmati buah setiap hari, kamu juga akan mendapat kesehatan saat berkebun. Bagaimana tidak, saat menanam, menyiram, memangkas, adalah salah satu aktivitas yang termasuk ke dalam berolahraga.

Namun, banyak orang yang masih kebingungan cara menanam buah. Jangan khawatir kami telah merangkum beberapa tips cara menanam buah yang benar. Yuk intip gimana sih caranya!

1. Daerah

Hal yang perlu kamu pikirkan adalah tempat atau area yang akan kamu gunakan untuk menanam. Idealnya, lokasi pembangunan harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak terlalu berangin.

2. Kondisi Tanah

Beda jenis buah, maka beda pula kondisi tanah ideal. Misalnya, strategi untuk mengembangkan buah ara membutuhkan tanah yang idealnya dicampur dengan kompos dengan perbandingan 1:1, sedangkan teknik untuk mengembangkan pohon pisang dapat dilakukan dengan menggunakan tanah berkapur.

3. Hal alami

Agar buah yang kamu tanam tidak terkena unsur kimia sebanyak mungkin, maka siapkan bahan-bahan alami untuk menunjang perkembangan tanaman. Bahan-bahan seperti mulsa dan kompos, sangat penting sebagai cara untuk mengembangkan jeruk dan cara mengembangkan mangga, dua jenis buah yang sangat terkenal di Indonesia.

4. Biji

Pastikan bahwa kamu menanam menggunakan benih yang bagus. Cara menanam pepaya, cara menanam jeruk, dan cara menanam mangga, misalnya, harus bisa dilakukan dengan menggunakan biji buahnya.

Berbeda dengan menananm pisang yang diperoleh dengan memisahkan pucuk muda dari tanaman induknya. Lain halnya dengan cara menanam nanas yang menggunakan mahkota buah.

5. Sistem Air

Cari tahu pengulangan penyiraman yang tepat untuk tanaman buah yang kamu pilih. Dalam pengembangan buah tin, kamu dianjurkan untuk menyirami tanaman tersebut dua kali sehari, yakni pada siang dan sore hari. Sebaliknya, cara menanam nanas hanya membutuhkan penyiraman satu kali setiap minggu.

6. Pencegahan Hama

Untuk mengatasi tanaman kamu dari hama dan penyakit, identifikasi tindakan pencegahan. Tergantung pada jenis tanamannya, ada berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah hama dan penyakit pada buah-buahan.

7. Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan untuk membuat tanaman lebih cepat berbuah. Jika kamu membutuhkan tanaman yang berbuah, kenali pengulangan pemangkasan terbaik untuk tanaman buah yang perlu kamu kembangkan.

8. Menetapkan waktu

Yang keterakhir, cari data tentang waktu pembentukan yang tepat untuk jenis buah yang perlu kamu kembangkan. Misalnya, cara menanam pepaya dan cara menanam pohon pisang paling baik dilakukan pada awal musim berangin. Hal itu dikarenakan, pohon pepaya dan pohon pisang membutuhkan banyak air pada fase awal penanaman.

Bagaimana, apakah ulasan kami diatas dapat membantu kamu? Yuk langsung coba di kebun kamu. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan Populer