Tips Merawat Tanaman Kapas yang Menghasilkan Nilai Ekonomi Tinggi

 


Tanaman kapas sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, sebagai kebutuhan sandang bagi semua orang. Adapun negara penghasil kapas di dunia antara lain adalah India, Tiongkok, Amerika Serikat, Turki dan Brasil.

Manfaat mengembangkan tanaman kapas ini adalah untuk memenuhi kebutuhan bahan tenun oleh para pengrajin tenun tradisional ataupun industri tekstil. Kebutuhan bahan baku kapas sangat diperlukan oleh para pengrajin.

Jadi untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku tersebut, para petani tanaman kapas harus mampu merawat jenis tanaman kebun ini dengan baik. Dalam artikel ini kami akan membagikan tips merawat tanaman kapas yang bisa menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Kapas

  1. Kondisi tanah Subur lempung berpasir dan lempung berliat
  2. PH Tanah harus antara 5,5 -  6,5
  3. Topografi relative datar, dengan ketinggian 50 – 500 dpl
  4. Kelembaban cukup dan tidak ada naungan, karena jenis tanaman ini termasuk intoleran
  5. Pengairan di perlukan sesuai Fase Pertumbuhan Tanaman.

Tips Merawat Tanaman Kapas

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan budidaya tanaman kapas, yaitu:

1. Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah ini maksudnya untuk menyiapkan lahan kapas, sehingga tanaman yang akan ditanam pada lahan tersebut bisa mencapai pertumbuhan optimal. Menyiapkan lahan dilakuakn dengan cara merubah susunan tanah, sehingga tekstur dan strukturnya berjalan dengan baik.

2. Pemilihan Benih

Pemilihan benih penting untuk dilakukan, besarnya pun harus seragam dan daya kecambahnya tinggi, yaitu sekitar 80-90 %. Penggantian benih menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produksi yaitu memperbaiki mutu genetic benih.

3. Penanaman

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah penanaman. Waktu penanaman tergantung dengan kondisi iklim setempat yang berbeda-beda pada setiap daerah. Cara tanam ada dua, yaitu, dengan tugal atau tidak dengan tugal.

4. Pemeliharaan Tanaman

Untuk mendapatkan tanaman yang baik dengan hasil yang memuaskan, ada beberapa cara yang dilakukan untuk kegiatan pemeliharaan, meliputi menyulam, menjarangkan, mendangir dan membumbun.

5. Penyulaman

Penyulaman dilakukan untuk seluruh areal yang menjadi terisi oleh atanaman, sehingga produksi lahan bisa tercapai. Faktor yang menyebabkan tidak tumbuhnya benih ada tiga macam, yaotu iklim yang terlalu kering, letak benih terlalu dalam, dan daya tumbuh benih yang rendah.

6. Penyiangan

Penyiangan adalah usaha untuk menekan pertumbuhan gulma, sehingga pengaruh negative terhadap pertumbuhan itu bisa ditekan seminimal mungkin. Oleh karena itu, penyiangan sebaiknya dilakukan pada tahap awal dari pertumbuhan tanaman kapas tersebut.

Pertumbuhan gulma yang tidak terkendali akan sangat mengurangi hasil tanaman tersebut, hl ini karena, tanaman kapas termasuk kelompok tanaman ysang sangat peka terhadap persaingan dan pertumbuhan gulma.

7. Penjarangan

Penjarangan ini dilakukan untuk tujuan membuat populasi tumbuh lebih merata dan optimum, sehingga pertumbuhannya bisa seragam. Penjarangan ini untuk menghasilkan jumlah tanaman melibihi jumlah yang diharapkan.

8. Pendangiran dan Pembmubunan

Pendangiran dan pembumbunan dilakukan dengan tujuan supaya proses penyerapan unsure hara dan mineral pada daerah perakaran tanaman bisa tetap baik.

9. Pemanenan

Supaya seluruh kapas bisa diterima dan pengolahannya dilanjutkan, pemungutan hasil kapas harus benar dan memperhatikan kriteria serta cara pemetikannya. Yang harus dipahami adalah cara pemetikan yang tepat akan menghasilkan kapas yang terbaik.

10. Pengeringan

Petani sangat dianjurkan untuk melakukan proses penjemuran kapas biji yang dipanen, sehingga akan mencapai tingkat kekeringan yang tepat (seperti kadar air ± 8%). Seorang petani biasanya mudah untuk menentukan tingkat kekeringan yang sesuai kemauannya dengan cara mengigit biji kapas tersebut dan apabila biji berbunyi nyaring, berarti tingkat kekeringannya telah sesuai.

Demikianlah tips yang bisa kami bagikan untuk bisa menghasilkan kapas yang bernilai ekonomi tinggi. Jika memiliki tips tambahan, ayo bagikan informasi lainnya supaya tanaman kapas bisa tumbuh dengan baik dan petani sejahtera.

Komentar

Postingan Populer